BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Jumat, 06 Januari 2012

BATUAN GABRO DAN ARTIKEL TAMBANG MINYAK MENTAH ELNUSA DICURI

BATUAN GABRO DAN ARTIKEL TAMBANG
MINYAK MENTAH ELNUSA DICURI
TUGAS I
Disusu sebagai syarat untuk
Mengikuti Praktikum Geologi Dasar pada
Jurusan Teknik Pertambangan

Oleh :
Ahmad Yoga Sugama
0310102022
UNIVERSITAS SRIWIJAYA
FAKULTAS TEKNIK
2010



DAFTAR ISI

Halaman

DAFTAR GAMBAR.......................................................................................       iii
BAB
I.   PENDAHULUAN.....................................................................................       I-1
     I.1.    Genesa Batu Gabro............................................................................       I-1
     I.2.    Karakteristik Batu Gabro...................................................................       I-3
     I.3.    Penggunaan Batu Gabro....................................................................       I-4
     I.4.    Metode Penambangan........................................................................       I-4
    
II. ARTIKEL TAMBANG..............................................................................       II-1
II.1   Minyak Mentah Elnusa Dicuri............................................................       II-1

DAFTAR PUSTAKA




BAB I
BATU GABRO
I.I  Genesa Batu Gabro
Gabro adalah batuan beku dalam, umumnya berwarna hitam,mineralnya berbutir kasar hingga sedang, berat jenisnya 2,9 -3,21.Komposisi dan persentase mineral pembentuknya adalah : Plagioklas ( labradorit atau bitownit) 70 – 45 %, mineral mafis 25 – 50 %. Batuan gabro berwarna gelap kehijauan, menunjukkan kandungan silika rendah sehingga magma asal bersifat basa. Kaitan antara kandungan silika dengan sifat magma , bahwa magma yang mengandung cukup banyak silika sehingga mampu mengikat semua logam basa dan masih menyisakan silika, disebut sebagai kelewat jenuh, sehingga kelebihan silika tersebut membentuk kristal silika seperti kuarsa.Struktur batuan ini adalah massive, tidak terdapat rongga atau lubang udara maupun retakan-retakan. Batuan ini masih segar dan tidak pernah terkena gaya endogen yang dapat meninggalkan retakan pada batuan.Batuan ini memeiliki tekstur fanerik karena mineral-mineralnya dapat dilihat langsung secara kasat mata dan mineral yang besar menunjukkan bahwa mineral tersebut terbentuk pada suhu pembekuan yang realtif lambat sehingga bentuk mineralnya besar-besar.Derajat kristalisasi sempurna, bahwa batuan ini secara keseluruhan tersusun atas kristal sehingga disebut holocrystalline. Tekstur seperti ini menunjukkan proses pembentukan magma yang lambat. Ion-ion penyusun mineral pada batuan, dalam lingkungan bertekanan tinggi dan temperatur yang luar biasa tinggi dapat bergerak sangat cepat dan menyusun dirinya sedemikian rupa sehingga membentuk suatu bentuk yang teratur dan semakin berukuran besar. faktor waktu sangat penting bagi ion-ion untuk membentuk orientasi yang tepat untuk mengkristal. Dengan demikian, maka seharusnya tekstur holokrsitalin terbentuk di bawah permukaan bumi dimana terdapat tekanan yang sangat tinggi yang dapat mempertahankan suhu yang tinggi.
Berdasarkan pengamatan lup batuan ini mempunyai komposisi mineral utama yaitu Plagioclse dengan kelimpahan 50%, dan Olivine sebanyak 10%, dan mineral-mineral asesori lainnya yang tidak dapat diamati dengan lup sebesar 40%. Kemungkinan mineral tersebut adalah mineral yang berasosiasi dengan olivine seperti Amphibole, Hornblende, dan Biotit. Serta silica yang belum terbentuk sempurna.
Pada pengamatan laboratorium, mineral Olivine ini berbentuk conchoidal, berwarna hitam kehijauan, tak tembus pandang, dengan kekerasan 6.5-7.0 karena tak tergores oleh kaca dan paku. Pecahan mineral ini adalah conchoidal, dengan belahan 2,1 mebentuk sudut 900. Sedangkan mineral Plagioclase berwarna terang putih abu-abu, termasuk jenis Sodic Plagioclase yang kaya natrium. Mineral; ini berbentuk prismatic dengan kilap vitreous. Belhannya 2,1 prismatik dengan pecahan conchoidal sampai uneven. Terbentuknya Quartz pada batuan beku sebagai indicator kejenuhan SiO2. Pada kebanyakan batuan beku basa tidak mengandung Quartz.
Petrogenesa batuan ini dapat dijelaskan secara rinci jika tekstur batuan dapat dideskripsikan dengan jelas dan specimen batuan masih segar. Karena tekstur batuan merupakan rekaman kejadian pembentukan batuan. Batuan ini berwarna gelap, bentuk butir serabut dan beruukuran kasar dari proses intrusive yang merupakan batuan beku akibat proses plutonic. Batuan ini mempunyai kandungan Silika rendah jika dilihat dari warnanya yang cukup gelap, sedikit Potash Feldspar dan hanya mengandung mineral Plagioclase dan olivine. Plagioclase berwarna terang (kaya Natrium). Ukuran butir Plagioclase dan olivine seluruhnya hampir seragam menunjukkan pembentukannya pada suhu yang sama sekitar 9000C. batuan ini terbentuk dekat denagn suber magma sehingga memiliki ukuran mineral yang besar namun karena komposisi magmanya bersifat mafik maka warna batuan ini menjadi gelap. Dan jika mengacu pada teori Geothermal gradation, bahwa suhu sejalan dengan kedalaman, makin ke dalam temperature makin naik, maka dapat dikatakan bahwa kedua mineral ini mengkristal pada kedalaman yang sama pada saat yang bersamaan. Ini diperkuat dengan hubungan bentuk kristal yang subhedral.
Batuan ini biasanya berasosiasi dengan mineral-mineral berharga tertentu, sepert : nikel, kobalt, emas, perak, tembaga, platinum.Deskripsi mineral penyusun: Plagioclase 50%, Olivine 10%, sifat kimia batuan mafic, tekstur fanerik, holocrystalline.

I.2.  Karakteristik Batu Gabro
Warna                          : Gelap / Kehitaman   
Sifat Batuan                : Mafik
Struktur                       : Masif
Derajat Kristalisasi      : Holokristalin
Tekstur                        : Fenerik
Kandungan Silika       : 45% - 52 %  
Mineral Utama            : Plagioklas (Ca), sedikit Qz dan K-felspar
Gabro mempunyai tekstur ofitik sedangkan diabas bertekstur diabasik atau sub ofitik. Ofitik adalah kenampakan dimana plagioklas dilingkupi oleh piroksen. Berasal dari proses pembekuan magma dan merupakan batuan intrusi dengan tekstur granular, hypidiomirphic yang ukuran butirnya sedang, maka gabro mempunyai komposisi mineral utama yaitu, plagioklas jenis labradorit, apitit, sulfide, titanit, rutil, dan kadang dijumpai korundum, ampibol, granet dan biotit. Peridotit juga merupakan batuan intrusi, dengan tekstur granular dengan xenomorphic, olivine dan piroksen, kadang-kadang didapatkan kromit, dan memiliki sturktur massif. Gabrao  terbentuk dari proses pembekuan magma ultra basa, memiliki warna gelap yang berfariasa antara hijau, hitam, hingga hitam legam, ataupun kombinasi antara keduanya. Tersusun dari magma yang bersifat basa dan terdiri dari mineral-mineral olivine,plaglioklas Ca,piroksen dan hornblende.
I.3.  Kegunaan Batuan Gabro
Gabro digunakan untuk lantai dan ornament dinding,spesifiknya gabro digunakan untuk benda-benda yang memiliki nilai estetika.
varietas Ocellar dari gabro dapat digunakan sebagai batu hias menghadapi, paving batu dan juga dikenal dengan nama dagang dari 'granit hitam', yang merupakan jenis batu nisan kuburan populer digunakan dalam upacara penguburan. Hal ini juga digunakan di dapur dan countertops mereka, juga berada di bawah nama yg salah dari 'granit hitam'.
I.4.  Penambangan Batuan Gabro
Gabro tahapan eksplorasinyapun tanpa pengeboran,data yang di perlukan yaitu peta topografi dan pembuatan sumur uji untuk mengetahui ketebalan OB, maka sisitim yang digunakan yauti tambang terbuka dengan metode Quarry mine.Gabro punperludipolessebelumdigunakan.





GAMBAR  I.I
BATU GABRO

BAB II
II.I. Minyak Mentah Elnusa Dicuri

Bayuasin-Aksi pencirian crude oil (minyak mentah,red) milak petugas yang dikelolah oleh elnusa di sepanjang jalur lintasan pipa diKubpaten Bayuasin, Sumatra Selatan makin menjadi jadi,Sebelunnya , pencurian minyak mentah dengan cara menyedot langsung dari lintasan minyak itu, terjadi diKecamatan Betung , di Desa Pulau Harapan,dan Desa Langkang Kecamatan Bayuasin III.

Terbaru aksi pencurian mintak mentah ini di jalan Palembang Betung ,Km 15,kelurahan sukajadi.persis di bawah jembatan Simpang Gasing,Kecamatan Talang Kelapa,Kamis (19/8),sekitar pukul 20.00 WIB.

Para pelaku terbilang propesional.lantaran,di lokasih kejadian, petugas polres Bayuasin bekerja sama dengan polsek Tanlang Kelapa dan petugas dari elnusa menemukan barang bukti berupa dua unik mobil tangki untuk mengungkut minyak mentah . masing masing BG 8879 UD kapasitas 7 ribu liter dalam keadaan kosong dan mobil tangki  BG 8477 AA kapasitas 5 ribu liter berisi minyak menta siap jual.

Selain itu , di lokisi ditemukan juga selang plastikn dan pipa besi untuk mengalirkan minyak mentah dari pipa elnusa ke mobil tangki sayang ,Kapolres Bayuasin AKBP Susilo Rohayu Irianto belum mau berkomentar.” Kasusnya masih di kebangkan.kita belum bisa menetekan si A  si B .sebab, saat ini masih dalam pengembangan .Namun,dari hasil TKP yang dilakukan semalam , kami berasil tiga tersangka,”kata kapolren di dampingi Kasat Reskim AKP Imam Tarmudi,kapolsek talang kelapa Iptu Adiat sofyan Effendi.
Ketiga tersangka yang diaman kan tersebut, Ali Antoni alias Anton bin Usman (36),warga jl Asik Akil No 61,RT 8,RW 52,Kelurahan Sukajadi,kecamatan Talng Kelapa .Lalu,Drussalam bin Abu Tolip (45) ,warga Talang jambe, jl tanjung Api Api, RT 13,RW 16, Kelurahan talang Betutu, kecamatan Sukarame, palembang. Tersangka lainnya Muhammad Bori alias wakcak bin Dahri (62),warga RT 8,RW 22,kelurahan tanah Mas, Kecamatan Talang Kelapa.

Modus yang dilakukan ,terhadap tersanka sebelumnya membolongi pipa minyak di empat titik. Tiap titik lantas dipasang pipa besi dengan panjang sekitar 30 cm. Nah, dari tersebut lalu di sambungkan pipa plastik hingga ke tangki mobil.“Mereka sengaja membolongi pipa di empat titik.Tujuannya, kalau ketahuan bisa pindah ke titik lain,”tambah Imam Tarmudi.

Foreman PT Elnusa, Ahmad Rivai, menyatakan,terungkapnya kasus pencurian ini, setela petugas line checker (pengawas pipa)Elnusa curiga dengan aktivitas liar di lokasi kejadian.”line checker sering melihat ada truk tangki ke luar masuk di sekitar lokasi pipa.Temuan selanjutnya dilaporkan ke pusat.”Kami sendiri sudah lama mengintai aksi pencurian ini.”

Setelah diintai, lanjut Rivai, ternyata kecurigaan line checker benar.”Sekitar pukul 20.00 WIB pencurian berhasil melarikan diri. Sedangkan barang bukti berupa dua unit mobil tangki dan selang tertinggal.”

Para tersangka ditangkap setelah petugasElnusa menghubungin polres Bayuasin.” Kami tngkap sekitar pukul 23.00 WIB semalam (19/8) mereka berlari kebelakang Markas Yon200 Raider.Sementara, otak yang menyuruh pencurian minyak mentah ini Yani, masih dalam pengejaran,”timpal Kasat Reskrim.

Pemilik tanah tempat pipa minyak Elnusa membentang, Jamilah (65) mengaku sudah lama mengetahui aktivitas ilegal yang di lakukan oleh para tersangka. Namun, tidak menyatakan kalau itu pencurian.

Aku dak tahu nian. Kalu gaweuwong-uwong itu(tersangka,red) di sini sudah lam, sekitar sebulan lah.Meraka begawenyo malam hari,sedangkan di rumah ini, Cuma ado kami betigo. Aku,anak aku,dan cucu aku,” tutur wanita yang telah lama hidup menjanda ini.









Daftar Pustaka
Azhar dkk.2009.Petunjuk Praktikum Petrologi.Tim Geologi.Yogyakarta
Endarto, Danang.2005. Pengantar Geologi Dasar.Bandung:UNS Press
Graham, Dody Setia.1987.Batuan dan Mineral.Bandung:Nova
Sapie, Benyamin, dkk.2006.Geologi Fisik.Bandung: ITB Press
Sumatra Ekspres Edisi 19 Agutus 2010


0 komentar: